PELUANG BISNIS adalah sebuah blog yang diciptakan untuk para calon usahawan. Blog ini memuat artikel-artikel mengenai strategi bisnis, peluang usaha dan profil usaha yang dikemas secara sederhana, agar dapat menjadi inspirasi usaha bagi para pembacanya.

Minggu, 06 Desember 2009

Tentukan Mindset Pemasaran Anda



Dalam menjalankan sebuah bisnis, semangat kita pastinya akan mengalami fluktuasi, naik turun dengan suasana hati yang senantiasa berubah. Hal ini sangat dipengaruhi dengan perkembangan pasar, yang secara langsung berdampak pada bisnis yang kita jalani. Karena itu, jika kita tidak memiliki orientasi, akan kita bawa kemana bisnis yang akan kita jalani ini, saya yakin kita akan kehabisan energi pada awal-awal perjalanan bisnis kita. Karena itulah sobat bisnis, dalam menjalankan sebuah bisnis, apalagi itu adalah bisnis kecil yang sedang berkembang, kita memerlukan sebuah mindset pemasaran yang terorientasi, maksudnya adalah kita harus memikirkan strategi pemasaran kita setiap waktu, karena dunia bisnis adalah dunia yang dinamis. Setiap saat pastilah akan muncul pesaing-pesaing baru dan produk-produk baru.
Pikirkanlah sebuah strategi untuk membangun prospek, apa yang bisa kita raih saat ini dan apa yang akan kita raih selanjutnya di masa depan. Tentukan siapa sasaran market anda, eksploitasi apa manfaat dari produk/jasa yang anda jual dan bagaimana strategi pemasarannya.
Setelah kita sudah memiliki sebuah strategi, maksimalkanlah energi yang kita miliki untuk menjalankan bisnis kita dengan dilandasi optimisme dalam menjalani bisnis ini. Sebelum kita meyakinkan pelanggan akan produk/jasa yang kita pasarkan, sebelumnya kita harus mampu meyakinkan diri kita sendiri, bahwa kita mampu menjalankan bisnis ini.
Optimisme dan energi adalah dua unsur yang sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Jangan pernah mengabaikan kedua unsur ini, karena jika kita mengabaikannya kita akan kehilangan orientasi bisnis kita. (YSG-PB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar