PELUANG BISNIS adalah sebuah blog yang diciptakan untuk para calon usahawan. Blog ini memuat artikel-artikel mengenai strategi bisnis, peluang usaha dan profil usaha yang dikemas secara sederhana, agar dapat menjadi inspirasi usaha bagi para pembacanya.

Minggu, 06 Desember 2009

Berani Usaha Dengan Modal Kecil


Mau usaha tapi gak punya modal? Ini memang kendala besar bagi para calon usahawan kecil. Tapi gak perlu bingung. Modal memang faktor penting dalam memulai usaha, tapi gak selamanya memulai usaha itu memerlukan modal yang besar. Banyak usaha yang tidak memerlukan modal besar tapi menghasilkan laba yang besar.
Karena itu dalam memulai usaha, jangan dimulai dari pikiran berapa modal yang kita miliki. Saya yakin dengan berpikiran seperti ini, sobat bisnis pasti bakal pusing tujuh keliling.
Untuk mengawali usaha, sebagai langkah awal berpikirlah, apa hobi kita saat ini? Dapatkah hobi tersebut kita jadikan sebagai ladang penghasilan. Jika setiap hobi dapat menghamburkan uang bagi sesorang, tentu saja sebaliknya, akan menghasilkan uang bagi orang lain. Sebagai contoh jika sobat bisnis hobi makan bakso, tentu hobi tersebut dapat memboroskan pengeluaran sobat bisnis, tapi justru sangat menguntungkan bagi para abang tukang bakso.
Langkah kedua, pikirkan seberapa besar kemampuan yang kita miliki untuk mendayagunakan hobi tersebut sebagai mesin penghasil uang kita. Gali kemampuan kita/nilai-nilai positif yang ada dalam diri kita sampai habis. Kemudian pikirkan juga apa kekurangan yang kita miliki. Masukanlah dalam daftar kita dan segera buat juga solusinya. Ingat setiap masalah pasti memiliki solusi.
Langkah ketiga, lihat pangsa pasar yang ada. Jika kita menjadikan hobi kita sebagai bisnis, apakah banyak peminatnya dan mudah untuk dipasarkan? Apakah banyak pesaingnya? Jika mudah dipasarkan, banyak peminat dan sedikit pesaing tentu bukanlah masalah. Tapi bagaimana jika sebaliknya? Sedikit peminat, sulit dipasarkan dan banyak pesaingnya (atau sama sekali gak ada pesaingnya, karena bisnis kita adalah bisnis yang aneh..hehe). tapi gak masalah selama itu adalah bisnis yang halal dan tidak melanggar hukum Negara, lanjutkan saja bro!!! Jika kita ingin tetap menjadikan bisnis tersebut sebagai sumber mata pencaharian kita, tentunya kita harus kreatif dalam memasarkannya. Kita tonjolkan nilai lebih atau manfaat, yang akan diperoleh oleh para calon konsumen jika membeli produk kita. Karena itu, jika kita akan memilih bisnis yang sudah dapat dibayangkan susah untuk dipasarkan. Kita juga harus sudah merumuskan strategi pemasarannya.
Tapi gak ada salahnya untuk mencari peluang bisnis lain, yang lebih mudah bagi kita untuk memasuki pasar. Ingat jangan mudah menyerah dalam merumuskan bisnis apa yang hendak kita geluti. Kreatiflah dalam berpikir. Kalo kita gak mau ribet dikemudian hari, carilah peluang bisnis yang murah meriah, mudah dipasarkan dan banyak peminatnya. 
Langkah keempat, jika kita telah selesai merumuskan bisnis apa yang akan kita geluti, sesuaikanlah dengan modal yang kita miliki. Berpikirlah rasional dalam hal ini. Maksudnya adalah sampai sejauh mana tingkatan bisnis ini dapat kita jalani, dengan modal yang kita miliki. Misalkan sobat bisnis hanya memiliki uang sebesar Rp 500.000,- dan sobat bisnis ingin usaha jual beli mobil, karena merasa disitulah minat dan bakat yang sobat bisnis miliki. Tentunya tidak mungkin dengan modal hanya sebesar Rp 500.000,- dapat menjalankan bisnis sebesar itu.
Ingat sobat bisnis, kesuksesan adalah sebuah proses yang harus kita jalani. Uang sebesar Rp 500.000,- tentulah sangat tidak rasional untuk menjalankan bisnis jual beli mobil. Tapi bukan berarti bisnis tersebut tidak bisa kita jalani dengan modal yang kita miliki tersebut. Seperti pernah saya singgung sebelumnya, berpikirlah kreatif!!! Modal sebesar Rp 500.000,- dapat kita jadikan sebagai rencana awal, untuk menuju rencana besar sobat bisnis sebagai seorang pedagang mobil. Caranya adalah untuk dijadikan modal kita sebagai makelar penjual mobil. Anggarkan uang sebesar itu untuk mencari penjual dan pembeli, untuk biaya promosi dan transportasi. Dan buatlah kesepakatan dengan penjual berapa persen komisi yang akan sobat bisnis peroleh, jika mobil tersebut berhasil terjual. Jika sobat bisnis tekun dan jujur dalam menjalankan bisnis ini, saya yakin akan tiba saatnya sobat bisnis akan berada pada level pemilik dealer mobil!
Karena itu sobat bisnis, jangan pernah merasa takut memulai usaha dengan modal kecil. Karena kesuksesan hanyalah sebuah proses yang harus kita jalani. Setiap bisnis memilik level-levelnya masing-masing. Tentukanlah bisnis yang akan sobat bisnis geluti, dan di level mana sobat bisnis akan memulai usaha dengan modal yang saat ini sobat bisnis miliki. Selamat memulai usaha semoga sukses!!! (YSG-PB).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar