PELUANG BISNIS adalah sebuah blog yang diciptakan untuk para calon usahawan. Blog ini memuat artikel-artikel mengenai strategi bisnis, peluang usaha dan profil usaha yang dikemas secara sederhana, agar dapat menjadi inspirasi usaha bagi para pembacanya.

Minggu, 06 Desember 2009

Menentukan Pasar Target



Sebuah konsep yang wajib ada dalam bisnis kita, adalah menentukan pasar target. Yaitu dengan mempersempit cakupan, apa yang dipasarkan dan kepada siapa dipasarkan. Cara tersebut akan membuat kita jauh lebih fokus dalam mengarahkan bisnis kita. saat kita mulai menentukan produk atau jasa apa yang akan kita pasarkan, kita juga harus sudah menentukan dari golongan apa konsumen yang akan membeli produk/jasa kita tersebut. Dengan begitu kita tidak akan membuang-buang waktu dan biaya dalam mempromosikan bisnis, kita untuk mencapai hasil yang maksimal (baca juga posting: Pentingnya memiliki Tujuan Marketing).
Setelah menentukan pasar target, langkah selanjutnya yang harus kita tempuh adalah memasarkan produk/jasa kita tersebut secara agresif. Karena kita sudah memiliki cakupan target yang lebih sempit dan terarah, maka gunakanlah semua media yang ada untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis kita, seperti menggunakan iklan, baik melalui media cetak maupun internet, yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat, slebaran ataupun melalui kesan yang di sampaikan oleh rekan-rekan kita kepada calon pelanggan yang lain.
Upayakan agar pelanggan maupun calon pelanggan tahu tentang kita, sebelum mereka memutuskan untuk menggunakan produk/jasa kita dan upayakan pula, mereka memiliki kesan yang baik setelah bertransaksi dengan kita. karena kesan baik yang mereka sampaikan kepada orang lain adalah promosi yang baik bagi bisnis kita. (YSG-PB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar