PELUANG BISNIS adalah sebuah blog yang diciptakan untuk para calon usahawan. Blog ini memuat artikel-artikel mengenai strategi bisnis, peluang usaha dan profil usaha yang dikemas secara sederhana, agar dapat menjadi inspirasi usaha bagi para pembacanya.

Minggu, 06 Desember 2009

Kenali Diri Kita dan Pasar Kita



Ada sebuah analisa yang dapat kita gunakan untuk mengenali diri kita dan peluang pasar kita, yaitu analisa SWOT, yang merupakan kependekan dari: S= Strenght (kekuatan), W= Weakness (kelemahan), O= Opportunity (kesempatan) dan T= Threat (Ancaman). Analisa ini sering digunakan oleh organisasi atau orang yang sedang merencanakan sesuatu untuk mencapai tujuan mereka.
Dimana S & W digunakan untuk menganalisa  kekuatan dan kelemahan yang terletak di dalam diri kita. dalam hal ini kita bisa memetakan kekuatan dan kelemahan yang kita miliki. Sebagai contoh, yang dapat digolongkan dalam kekuatan (S) adalah: kemampuan yang memadai, pemahaman atas produk, memiliki lokasi yang strategis. Sedangkan yang digolongkan dalam kelemahan (W): modal kecil, tempat usaha tidak layak dan kurang pengalaman dalam bisnis.
Sedangkan O & T digunakan untuk menganalisa kondisi di luar kita yang berpengaruh dalam menjalankan rencana tersebut. Di sini juga kita memetakan kekuatan dan kelemahan (peluang dan ancaman) dari situasi dan kondisi pasar yang ada. Peluang (O) yang kita miliki, sebagai contoh: bahan baku mudah di dapat, banyak peminat, produk sudah banyak dikenal. Sedangkan ancaman (O), contohnya adalah: harga tidak stabil dan banyak pesaing.
Setelah semua unsur S,W,O dan T berhasil di petakan, kita bisa melihat seberapa mungkin rencana kita dapat diwujudkan. Di samping itu analisa ini juga dapat digunakan untuk mengevaluasi dan mencari solusi dari kekurangan (W & T) yang kita miliki, sehingga akan semakin memperbesar peluang yang kita miliki dalam bisnis ini untuk memenangkan pasar. 
Pertajam terus kemampuan kita menganalisa dengan menggunakan Analisa SWOT ini, dengan begitu kita akan semakin terampil membaca setiap peluang dan resiko yang ditimbulkan dari perkembangan pasar. (YSG-PB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar