PELUANG BISNIS adalah sebuah blog yang diciptakan untuk para calon usahawan. Blog ini memuat artikel-artikel mengenai strategi bisnis, peluang usaha dan profil usaha yang dikemas secara sederhana, agar dapat menjadi inspirasi usaha bagi para pembacanya.

Minggu, 06 Desember 2009

Pemasaran Spesialis



Sobat bisnis pasti pernah mendengar istilah Dokter Spesialis Jantung? Yaitu sebuah profesi dokter yang khusus menangani penyakit yang berkaitan dengan jantung dan fungsi jantung. Dokter tersebut hanya khusus menangani pasien yang memiliki permasalahan dengan jantung mereka. Dia tidak menerima pasien dengan penyakit-penyakit lain, seperti kulit, radang tenggorokan, mata ataupun yang bermasalah dengan pencernaan mereka. Hanya khusus untuk pasien penyakit jantung saja.
Dalam sisitem marketing juga dikenal juga teori spesialis, yaitu pemasaran spesialis. Dalam teori tersebut tidak memandang setiap orang adalah target pasarnya. Teori ini hanya membidik target-target tertentu sebagai target pasarnya. Karena itu dalam teori pemasaran spesialis, kita diharuskan untuk fokus dengan target kita, dengan mempersempit cakupan pasar kita. misalkan hanya mengarah pada pencinta olah raga petualangan saja, contohnya elger. Merek tersebut hanya menyediakan produk-produk yang berupa perlengkapan petualangan beserta aksesorisnya. Ataupun Dagadu, mereka hanya memproduksi pakaian atau aksesoris, yang meletakan kekuatan pada permainan kata-kata yang lucu. Dagadu juga mempersempit pemasaran hanya di wilayah Yogyakarta saja, dengan target utama masyarakat Jogja dan wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Dalam pemasaran spesialis kita juga dituntut untuk selalu dapat menciptakan peluang-peluang baru dengan pemikiran yang kreatif, sehingga produk atau jasa yang kita tawarkan dapat tampil beda dengan produk/jasa lain yang sejenis. Dengan tampil beda diharapkan kita mampu mempertahankan pelanggan sekaligus menarik pelanggan baru. Cara tampil beda dapat dilakukan dalam berbagai cara. Misalanya memberikan karakter yang kuat produk/jasa kita atau memberikan bonus yang dapat dirasakan langsung oleh konsumen kita. Saya pernah menjumpai sebuah tempat pangkas rambut yang sederhana, namun banyak dikunjungi oleh konsumen. Ternyata ia memiliki kelebihan yang banyak di cari oleh konsumen. Yaitu memberikan tambahan pelayanan gratis berupa pijat, kepada setiap konsumennya setelah selesai memangkas rambut. Menarik bukan? (YSG-PB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar