PELUANG BISNIS adalah sebuah blog yang diciptakan untuk para calon usahawan. Blog ini memuat artikel-artikel mengenai strategi bisnis, peluang usaha dan profil usaha yang dikemas secara sederhana, agar dapat menjadi inspirasi usaha bagi para pembacanya.

Minggu, 06 Desember 2009

Pentingnya memiliki Tujuan Marketing



Saat mulai menjalani usaha, apakah sobat bisnis sudah memikirkan, kepada siapa produk/jasa itu akan dipasarkan? Dan ke arah mana bisnis tersebut akan dikembangkan? Jika belum, maka segeralah tentukan tujuan marketing bisnis anda. Sebuah tujuan marketing haruslah spesifik, focus dan dapat diukur. Spesifik artinya haruslah jelas, bisnis apa yang sedang kita jalani, siapa tujuan market kita, apa pekerjaan mereka, adakah sasaran usia tertentu atau segala usia, di mana mereka tinggal. Dengan spesifik pada tujuan market tertentu akan membuat kita lebih focus dalam mengarahkan kemudi bisnis ini. dengan focus akan membuat kita dapat memberikan perhatian lebih pada calon konsumen kita. Kita akan mengerti apa keinginan mereka dan apa keluhan mereka terhadap produk kita, dengan begitu akan mudah bagi kita untuk menentukan standar produk dan pelayanan dalam bisnis kita dan hasil yang akan kita peroleh akan jauh lebih maksimal. Selain itu bersikap focus juga akan memudahkan kita dalam mempromosikan produk/jasa yang kita tawarkan, hal ini dapat menekan pengeluaran biaya untuk iklan dan memaksimalkan pengaruh iklan tersebut pda komunitas tertentu.
Sebuah tujuan marketing juga haruslah jelas, tidak abstrak dan harus dapat bisa diukur kesuksesannya. Misalnya, dalam satu bulan kita harus dapat meraih omset sekian juta atau dalam satu tahun ke depan, produk/jasa kita sudah memiliki 10 pelanggan tetap dari instansi swasta/pemerintah. Jika kalau tujuan tersebut abstrak/tidak dapat diukur, maka bagaimana kita dapat menentukan target market kita dan bagaimana kita dapat focus terhadap target market tertentu? Jika itu terjadi kita sama saja seperti seorang pemburu, yang berburu burung dengan menggunakan senapan otomatis, yang menembak serampangan ke arah langit kosong, dengan berharap akan ada seokor burung yang tertembak jatuh. Pemburu tersebut tidak akan mendapatkan apa-apa, selain menghambur-hamburkan peluru. Sangat mubazir bukan?
Coba bandingkan dengan seorang pemburu yang hanya menggunakan senapan angin. Di mana ia selalu membidik sasarannya dengan tepat. Pasti pemburu tersebut akan memperoleh jumlah burung yang sama dengan jumblah peluru yang ia tembakan (YSG-PB).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar